Selasa, 06 Desember 2011

Belajar Beradaptasi Pada Anak Usia Dini

Tidak semua anak mulai memasuki lembaga pendidikan pada waktu yang bersamaan. Di Inggris, biasanya anak mulai masuk SD usia 4 atau 5 tahun. Tapi, di negara-negara lainnya biasanya mencapai usia 6 tahun atau lebih.

Masa transisi dari rumah atau tempat penitipan anak ke lingkungan pendidikan yang lebih terstruktur bisa menjadi periode yang melelahkan, dan juga menggelisahkan agi orang tua.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah apakah anak kita benar-benar sudah siap sekolah. Kita perlu memberinya banyak dukungan serta ketenangan. Pahamilah bahwa rasa takut anak merupakan tanda normal dari perkembangan ikatan serta emosi yang sehat.

Sebuah lingkungan rumah yang kondusif mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan anak.Tetapi, untuk perkembangan emosi serta kognisi yang sehat, ada baiknya dia berada di dekat anak-anak berusia sebaya.

Jika si kecil berada di rumah bersama Anda, bukan di penitipan anak ataupun sekolah, pastikan ia memiliki interaksi teratur da kesempatan untuk bergaul dengan anak-anak lainnya.

Sedikit tips agar anak nyaman bergaul:
1. Bawalah dia ke kelompok ermai dan ruang kelasnya sebelum hari pertamanya agar sudah memiliki sedikit bayangan.
2. Jadikan memasuki kelompok bermain adalah peristiwa yang patut dirayakan. Membelikan anak sebuah tas, buku, atau krayon membuatnya merasa sebagai anak sekolah.
3. Yakinkan anak anda dengan memberi tahu secara jelas siapa yang akan menjemputnya, kapan dan tentunya memastikan anda akan datang tepat waktu.
4. Biarkan ia membawa benda penenang favoritnya jika ia mau, yang dapat membantu proses transisi dari rumah ke play group.
5. Bersiap-siaplah menghadapai perasaan takut berpisah. Hal ini normal dan wajar.
6. Jangan menungguinya. Hal ini aka mempersulit bagi orang tua dan anak untuk mengembangkan emosinya. Ingatlah banyak anak yang menolak pergi ke play group dan sekolah tapi kemudian keluar dengan wajah berseri-seri. Inilah harapan kita bersama.
(Sumber: Ensiklopedi Perkembangan Anak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar