Kamis, 12 April 2012

Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak


Tiap anak mempunyai karakter kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang pemberani, ada yang pemalu, ada yang cepat untuk beradaptasi dengan teman dan ada pula yang butuh waktu lama ketika harus mengenal temannya. Hal ini bisa tercipta selain dari pola kehidupan didalam keluarga juga lingkungan dapat membentuk karakter anak. Dibawah ini beberapa tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak:

1. Ciptakan komunikasi aktif dengan anak kita setiap hari walaupun hanya sebentar. Contoh: menciptakan makan malam dirumah dalam suasana hangat bersama seluruh anggota keluarga atau membacakan dongeng kepada anak menjelang tidur malam.

2. Jangan pernah mengekang keinginan anak untuk bertanya, dan jangan abaikan pertanyaan anak sesibuk apapun kita.

3. Ciptakan suasana demokratis dalam keluarga, sehingga tidak tercipta otoritas orang tua yang terlalu mengekang.

4. Ajaklah selalu untuk bertemu sanak keluarga, misalnya seminggu atau sebulan sekali.

5. Ajaklah anak untuk bermain diluar rumah bersama dengan teman-teman seusia di sekitar rumah Anda, misalnya: pada sore hari.

6. Berilah pengertian kepada anak, bahwa semua orang itu sama derajatnya di mata Allah SWT, jadi jangan sampai kita menghina atau meremehkan orang lain.

7. Orang tua hendaklah memberi contoh kepada anak-anaknya, untuk menyapa dan memberikan senyuman kepada teman atau keluarga yang dijumpai. Ketika orang tua terlalu memilih siapa yang dijadikan teman, maka si anak pun akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

8. Berikanlah kesempatan kepada anak untuk berani tampil di depan umum, misalnya mengikuti perlombaan 17 agustus di RT/desa. Dalam perlombaan ini bukan kemenangan yang utama tapi yang penting anak kita berani untuk tampil.

9. Jangan pernah mencela maupun memarahi anak didepan umum.

10. Dukungan orangtua untuk yakin dan percaya bahwa anak kita bisa melakukannya.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa kami berikan. Namun semua itu tidaklah langsung bisa kita lihat hasilnya dalam waktu sekejab, semuanya perlu proses dan kesabaran. Semoga bermanfaat....! (Bu Opik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar