Jumat, 31 Desember 2010

Komunikasi Membuka Gerbang Segala Ilmu

Glenn Doman seorang ahli perkembangan anak, perkembangan otak manusia paling pesat terjadi pada usia 0-7 tahun dan bisa dicapai secara optimal apabila diberi stimulasi yang tepat.
Oleh karena itu sebaiknya mengajak anak untuk mengikuti program kelopok bermain (PG) sejak anak berusia 2 tahun. Pendidikan prasekolah (PG dan TK) dianggap penting karena memberikan fondasi yang kuat untuk jenjang pendidikan selanjutnya.
Sebagian besar ortu ingin mengalami kemulusan agar anak masuk sekolah KB mampu tanpa rengekan dan air mata minta ditunggui. Tapi memang tak semua anak siap untuk sekolah. Ada anak yang butuh waktu cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan dunia barunya ini. Persiapan masuk KB memang dapat dan harus dilakukan. Peran ortu sangatlah penting dalam hal ini.
Anak yang masih menjaga jarak ketika di lingkungan baru, bulan pertanda ia belum matang untuk masuk KB. Setiap anak punya karakter masing-masing.
Ketika masuk KB, si kecil memasuki dunia baru yang di dalamnya terdapat barbagai hal seperti teman baru, orang dewasa lain selain orang tua, dan pengasuh anak, yaitu guru serta sejumlah kegiatan yang mungkin belum pernah dilakukan anak untuk menghadapi ini semua, anak butuh kesiapan fisik, kognitif, dan sosial emosional. Selain itu ada 2 hal penting yang perlu dimiliki anak saat hendak masuk KB.
1. Kemampuan self help yaitu kematangan anak untuk dapat mengkomunikasikan kebutuhannya.
2. Kemampuan social help yaitu kematangan anak untuk mengerti kebutuhan orang lain. Orang tua sebaiknya membantu anak mematangkan aspek yang dibutuhkan anak untuk masuk KB melalui kegiatan sederhana misalnya memberi kesempatan si kecil bermain bersama teman sebaya, bertanggung jawab atas barang-barang milik sendiri, belajar mendengarkan orang lain berbicara, memberi salam atau memahami instruksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar