Selasa, 09 April 2013

Orang Tua Maju Anakpun Bermutu



Seminar  parenting bersama ibu Sisilia Maryati yang kami ikuti pada tanggal 12 januari kemarin bertepatan dengan kegiatan sharing yang akan dilaksanakan tiap kelompok. Dimulai kelompok strawberry yang Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2013. Kegiatan Parenting sangat diperlukan oleh sebuah lembaga pendidikan guna menyeleraskan pemahaman orang tua dan sekolah tentang dunia pendidikan. Jadi pembentukan karakter, perilaku dan pembiasaan anak tidak hanya disekolah saja tapi juga keluarga dan lingkungan yang membentuknya.
Dalam hal ini ada 5 hal yang perlu diperhatikan:
1. Komunikasi
Dalam sebuah keluarga perlu adanya sebuah komunikasi. Ketika dalam sebuah keluarga tidak ada jalinan komunikasi yang baik bahkan kedua orang tua tidak pernah saling bertemu, maka bagaimana mungkin mereka bisa mengkomunikasikan seperti apa dan bagaimana sosok anak yang mereka harapkan bisa terealisasi dengan baik.
2. Kontrol
Kesuksesan tidak lebih dari sebuah disiplin yang dilakukan setiap hari. Ketika komunikasi sudah tercipta dengan baik, maka control dalam sebuah keluarga juga akan berjalan dengan baik.
3. Kreativitas
Setiap anak itu berbeda dan setiap keluarga juga berbeda, sehingga setiap permasalahan anak diperlukan solusi yang berbeda penanganannya. Tidak bisa kakak dan adik dalam sebuah keluarga diperlakukan sama, karena memang setiap manusia itu diciptakan unik dan berbeda satu dengan yang lain.
4. Konsisten
Seorang anak membutuhkan orang tua yang “mengatakan apa yang dilakukan dan melakukan apa yang dikatakan”. Misalnya saja ketika dalam sebuah keluarga memberlakukan jam belajar setelah sholat maghrib, maka hal itu pun berlaku untuk semua tidak terkecuali ayah, ibu dan anak. Ketika komitmen itu berjalan Insya Allah dengan sendirinya akan tercipta anak yang suka belajar.
5. Kolaborasi
Orang tua dan guru adalah sebuah tim, jadi ketika ada permasalahan dengan anak tidak bisa hanya gurunya atau orang tuanya saja yang bertanggung jawab, tapi keduanya harus berperan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Semoga materi ini bisa bermanfaat, orang tua serta guru lebih bisa menyelaraskan tujuan pendidikan untuk perkembangan anak-anak kita. Amin ( Bu Opik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar