Selasa, 09 April 2013

PPL ke pembuatan keciput



Tanggal  1 februari 2013 awal anak-anak melakukan PPL di semester kedua. Kali ini anak-anak diajak belajar untuk mengenal proses pembuatan keciput tepatnya di desa Bae.
Gerimis di pagi hari tidak menghalangi semangat anak-anak untuk berangkat PPL.  Tiba di lokasi pembuatan anak tak sabar untuk langsung masuk kerumah ibu Mar-khamah. Memasuki pintu rumah aroma harum keciput langsung menusuk hidung. Seperti biasa, anak-anak duduk melingkar untuk menyaksikan proses pembuatan keciput secara langsung dari mulai memasukkan tepung beras dan adonan lain, kemudian di mixer sampai terbentuklah adonan yang siap dibentuk. Anak-anak sesuai dengan kelompoknya mendapat kesempatan untuk membentuk adonan keciput sesuai yang dicontohkan, selesai dibentuk lalu adonan dimasukkan ke dalam wijen. Setelah anak puas membentuk (nggelintiri) keciput lalu anak-anak kembali ke posisi semula untuk menyaksikan proses penggorengan. Setelah di goreng anak-anak boleh mencicipi hasilnya.
Setelah puas menyaksikan proses pembuatan keciput anak-anak kembali kesekolah dengan membawa sedikit hasil yang telah dikerjakannya  di lokasi  sebagai buah tangan. Hem..nyam...nyam…. rasa keciputnya. (Bu Aulia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar