Sabtu, 01 Januari 2011

Persahabatan yang Indah Telah Tercipta di KB1

SEMUA anak tampak istimewa di mata kami. Maka, Insya Allah tiap episode Koran Kecil kami akan membahas secara berbeda untuk memberi gambaran kepada orang tua tentang dunia anak-anak KBAT Birrul Walidain dari waktu ke waktu.
Bagi kami hal ini menambah pengalaman baru dan berbeda tiap waktu. Kami melakukan observasi dengan semua anak dan mencari solusi terbaik bagi masalah yang timbul. Semoga bermanfaat bagi kita.
Kasus Hana, Firda dan Sinok adalah salah satunya. Mereka menyatu sebagai sahabat karena sama-sama suka mewarnai, menari dan menyanyi. Mereka saling mensuport kala yang lain belum menyelesaikan gambar yang diwarnai. Itu sebabnya mereka bertigalah yang diajak mengikuti lomba mewarnai. Tetapi kami yakin nantinya akan banyak bibit yang muncul dan mampu mengikuti lomba.
Lain halnya Aliya dan Arya Dinata. Mereka bersatu karena perbedaan sifat. Aliya yang periang, dan Arya Dinata yang pendiam tetapi ia suka menolong. Lantaran beberapa kali Aliya ditolong Arya Dinata dalam berbagai hal, mereka saling akrab.
Sikap penolong dan pendiam Arya Dinata sesekali menjadi pemacu Aliya untuk diam mendengarkan bu guru saat memberi penjelasan. Sedang Aliya mensuport Arya Dinata untuk mau bernyanyi dan bergerak saat senam.
Kelebihan mereka, keduanya tetap memberi ruang dan kebebasan dalam bersosialisasi. Saat makan dan tidur mereka tidak bersama lagi. Sedangkan waktu bermain banyak dihabiskan bersama dengan teman-teman lainnya.
Sementara Sinok Hana dan Firda selalu tampil bersama di saat makan tidur dan sholat. Justru saat belajar Sinok berpisah dengan Hana dan Firda karena berbeda kelompok. Yang agak mengganggu adalah bila dari bertiga ini ada yang tidak masuk, maka satu anak ini tak bersemangat dalam bersekolah. Hal ini mengandung arti bahwa mereka harus benar-benar menjaga hubungan mereka dengan sebaik-baiknya agar tak terjadi perselisihan.
Untuk itu kami sepakat memberikan terapi agar ketiganya bergantung pada sisi baik dan mencoba membuka ruang untuk masuknya teman-teman mereka yang lain.
Sahabat yang baik akan selalu hadir di saat dibutuhkan dan senantiasa mendorong untuk melakukan kegiatan positif, itu yang ingin kami tanamkan.(Bu Helida dan Bu Uud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar