Kamis, 08 Juli 2010

PPL Luar Kota

Berkunjung ke Tempat Pembuatan Grabah dan Bermain Air di Pantai Bandengan Jepara

Tiap akhhir tahun ajaran anak-anak selalu diajak PPL ke luar kota. Meski dari tahun ke tahun kita PPL di Jepara dengan alasan tempat yang tak terlalu jauh dan tak terkena macet, tetapi lokasinya berbeda-beda. Pernah anak-anak ini diajak ke Semarang barengan dengan Siswa kelas A TKAT Birrul Walidain, tetapi tampaknya kelelahan karena jarak, waktu dan macet. Pernah hanya main di Pantai Kartini dan Bandengan. Juga melihat proses pembuatan kain troso. Tetapi kali ini anak-anak tampak senang karena mereka bisa turut aktif membuat gerabah dan mencat hasil gerabah yang telah dibuat oleh perajin.

Kotor karena cat maupun tanah tak menyurutkan tekad mereka. Bahkan beberapa dari mereka memecahkan gerabah, kemudian mereka menjadi tahu bahwa barang-barang tersebut merupakan benda pecah-belah. Pengalaman menjadi guru berharga mereka.

Usai belajar dan berkotorkotoran, perjalanan diteruskan dengan bermandi ria di Pantai Bandengan. Pantai berpasir putih ini menjadi saksi bagaimana anak-anak belajar mulai dari yang ketakutan melihat ombak hingga bisa menikmati bahkan asyik bermain air laut. Seperti pengalaman Wawa, bocah tambun yang banyak senyum lagi pede ini semula amat ketakutan dengan suasana laut tetapi perlahan Wawa larut dalam kegembiraan bersama di acara PPL ini.

Usai berbasah-basah anak-anak mandi dan berganti pakaian dan langsung mengambil air wudlu untuk sholat berjamaah Sholat Dhuhur di teras dekat pantai Bandengan. Semuanya terkaver di VCD anak-anak tentang PPL ini.

Bahkan demi memanfaatkan fasilitas Televisi yang menjadi kenang-kenangan sekolah para guru dan siswa menonton bersama VCD PPL ini di sekolah. Esok harinya banyak diantara anak-anak yang meminta para orang tua untuk memesan VCD....buat kenang-kenangan gitu loh... Makasih anak-anak, kalian amat manis saat PPL kemarin. Sebuah Kenangan Terindah.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar