Sabtu, 21 Januari 2012

Efek Musik Bagi Anak-anak

Hasil riset menunjukkan bahwa musikmemberi lebih daripada sekedar hubungan sebab akibat terhadap perkembangan bagian-bagian tertentu dari otak dalam jangka panjang. Musik memicu keterkaitan yang lebih besar daripada yang dapat diberikan oleh stimulasi lainnya terhadap belahan otak sebelah kiri dengan yang kanan dan antara bidang-bidang di dalam otak yang bertanggung jawab atas emosi dan ingatan. Selain itu, alunan beberapa jenis musik mampu memberikan pengaruh tertentu pada pergerakan gelombang otak anak.

Musik meningkatkan kemampuan otak meliputi kemampuan penginderaan, komunikasi dan emosi, kemampuan koordinasi, melatih otot, meningkatkan potensi kecerdasan, dan mampu membentuk anak menjadi manusia yang dinamis. Kini musik juga dipakai untuk terapi stroke dan gangguan lain, seperti kerusakan otak.

Kegembiraan yang disebabkan oleh musik dapat membangun sebuah ikatan batin antara orang tua dan anak sebagaimana bunyi dan ritme yang melingkupi dunia si kecil yang penuh keceriaan. Musik juga memberi pengalaman pembelajaran yang menggembirakan dan mengesankan serta membangkitkan imajinasi dan kreatifitas anak.

Para ahli berkeyakinan bahwa bermusik (mendengarkan atau bermain musik) ternyata dapat memberikan nutrisi suara untuk meningkatkan gerakan, pendengaran dan ekspresi pada anak-anak. Melalui kegiatan dan mendengarkan musik secara bersama-sama antara orang tua dan anak, maka akan tercipta ketrampilan orang tua dan anak untuk saling melengkapi dalam menyelaraskan hati, pikiran dan raga sebuah keluarga,.

Dari sekian banyak literatur tentang musik yang kita baca, beberapa pencipta lagu seperti Mozart, Sebastian Bach lewat nada-nada klasiknya dipergunakan untuk merangsang perkembangan otak anak. Alunan lembut hingga rancak dimanfaatkan bagi bayi untuk beraktifitas hingga lelap dalam tidur. Tetapi sebagai kaum Muslim alunan ayat-ayat suci Al-Qur‘an terdengar lebih merdu jika diperdengarkan secara terus menerus kepada anak-anak sejak didalam kandungan agar kelak muncul anak-anak Birrul Walidain. Amin…ya robbal aalaamiin….(Dikutip dari buku “Pengaruh Musik bagi Kecerdasan Bayi” karya Dodi Ahmad Fauzi, S.Sos).-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar