Sabtu, 21 Januari 2012

Asyiknya Belajar di Sentra Persiapan

KINI saatnya sentra Persiapan yang akan kita bahas dan diampu oleh Ibu Aulia.
Kemampuan untuk membaca dan menulis tidak muncul begitu saja secara alamiah, melainkan dengan rencana dan pembelajaran yang dirancang secara cermat. Belajar membaca dan menulis itu sangat penting untuk keberhasilan anak di sekolah.
Sentra Persiapan adalah sentra dimana guru mengorganisasikan tempat secara khusus, yang fo-kus didalamnya di-isi dengan berba-gai kegiatan mate-matika, memba-ca, menulis dan pengembangan da-lam kemampuan berbahasa. Walau-pun demikian kegiatan-kegiatan lain yang menuju tahap menulis dan membaca seperti pengenalan angka, huruf, dan latihan untuk mengungkap-kan perasaan atau mengulang suatu kejadian dengan bercerita.
Pekerjaan klasifikasi tetap disediakan untuk anak-anak yang tahap perkembangannya lebih rendah, sehingga anak tetap mendapatkan materi sesuai dengan tingkat kemampuan dan tahap perkembangannya. Dalam hal ini, di kelompok bermain penyajian semua kegiatan tersebut disajikan sambil bermain, sehingga konsep yang akan kita sampaikan lebih tertanam di memori anak. Misalnya saja: main puzzle huruf dan angka, menebali angka atau huruf. Dan tentu saja dengan media yang dekat dengan anak. (Bu Aulia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar