Minggu, 21 Maret 2010

Melatih Disiplin pada Anak di KBAT Birrul Walidain

MELATIH disiplin si kecil memang sangat baik apabila dimulai sejak dini. Proses ini diawali dengan memperkenalkan disiplin melalui pembiasaan pada anak seperti waktu untuk makan, tidur, bermain, belajar, sholat dan lain sebagainya.
Namun sebelum orang tua mengajarkan disiplin pada anak, orang tua terlebih dahulu harus disiplin. Mengapa? Karena orang tua adalah role model yang tepat bagi anaknya. Anak akan mengamati dan mempelajari apa yang biasa dilakukan oleh orang tua-nya.
Selanjutnya adalah beri pemahaman pada anak tentang perlunya disiplin dan menetapkan aturan yang disepakati secara bersama-sama.
Oleh karena itu dituntut komunikasi yang baik untuk memudahkan pemahaman tentang pentingnya kedisiplinan tersebut.
Dalam pelaksanaannya bisa diperkuat dengan adanya hukuman maupun hadiah. Namun hukuman disini tidak diberikan dalam bentuk hukuman fisik akan tetapi lebih kepada tidak mengizinkan sesuatu hal yang digemari oleh anak.
Demikian pula pemberian hadiah, tidak harus selalu berbentuk barang tetapi pujian, pelukan dan ciuman penuh cinta juga merupakan hadiah berharga bagi anak. Pemberian pujian dapat menyebabkan anak menjadi percaya diri dan bertindak lebih mandiri.
***(Bu Opik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar