Sabtu, 16 Januari 2010

9 Alasan Si Kecil Mogok

Oleh Rofi' Fajariyah, S.Psi, Psi

Dalam edisi ini kami tampilkan 9 alasan si kecil mogok sekolah secara bersambung dua edisi. Yang menarik, naskah ini merupakan rangkuman dari salah seorang wali murid, yakni orang tua dari mas Bram, KB-2 yang telah dikonsultasikan dengan Ibu Opik selaku Psikolog KBAT Birrul Walidain. Terima kasih atas masukannya.

1. Sakit. Biasanya sikecil yang senang sekolah tiba-tiba minta digendong dan rewel. Bisa jadi karena tidak enak badan. Penyebab yang paling sering ini bisa terselesaikan dengan tidak sekolah untuk sementara waktu. Dan begitu perasaannya membaik ia akan minta sekolah lagi.

2. Takut pada pengganggu. Biasanya terjadi pada anak yangs sensitif dan menjadi korban dari anak yang lebih dominan dan ''kuat'' di sekolahnya. Untuk yang satu ini perlu membicarakan dengan gurunya agar masalah terselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.

3. Putusnya persahabatan. Di sekolah biasanya anak-0anak punya grup (tanpa disadarinya_) karena persamaan di antara mereka. Pada saat si kecil tak diajak beraktifitas bersama kelompoknya, maka si kecilpun mogok sekolah. Solusi yang paling tepat adalah menjembatani persahabatan mereka.

4. Tak mau lepas dari ibu. Ini menjadi persoalan klasik bagi para ibu yang tidak bekerja atau kurang kegiatan di rumah. Solusinya adalah konsistensi bagi anak dan ibu. Tentu bantuan para guru sangat dibutuhkan.

5. Kedatangan adik bayi. Kehadirannya bisa membuat perangai anak berubah karena sayangnya pada adik atau karena merasa dirinya dilupakan dan kurang mendapat perhatian dari orang-0orang serumah.

Dalam banyak hal yang kami sampaikan di atas banyak masalah menjadi mudah apabila guru turut serta mengatasinya. Maka kami dengan senang hati membantu anak-0anak dalam mewujudkan cita-0cita menjadi sholih/sholihah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar